LAYANAN ASPIRASI
SAMPAIKAN ASPIRASI PADA WAKIL RAKYAT:
Surat Rakyat SMS Aspirasi Facebook
Aspirasi dari Masyarakat
1. Sekedar melaporkan bahwa jembatan penghubung dusun Berkongan-Tanunggul Montorna ambruk dan tidak di perbaiki barangkali bapak2 DPRD Sumenep turun ke lokasi silahkan saja di dusun berkongan montorna pasongsongan dekat rumah pak kadus nurhasan

2. Dana desa tahap II sampai sekarang belum bisa dicairkan karena menunggu realisasi se kabupaten sumenep minimal 50 %. Aturan ini sangat merugikan bagi desa yang telah lama menyelesaikan dana desa tahap i. Mohon para dewan ikut mengantisipasinya. Trimk

3. Anggota dewan yang terhormat,jalan dari taman bungan ke utara stopan yang menuju pamolokan, penggunaan jalan hanya di gunakan separuh jalan,hal tersebut terjadi karena jalan yang sebelah barat digunakan lahan parkir mobil,dan juga sering memarkirkan mobilnya asal-asalan, selain meanggu pengguna jalan lain, juga tidak enak dilihat untuk penataan kota.terima kasih.

Kirimkan aspirasi anda melalui SMS Center / Surat Rakyat DPRD Kabupaten Sumenep : 085942803888

MAJALAH PARLEMEN
LINK TERKAIT
PRODUK HUKUM
Mubazir, Desak Pemanfaatan Bangunan APBN
Diposting Oleh : Moh. Misbah - Administrator DPRD Kabupaten Sumenep

12 Agustus 2019 - 09:24:07 WIB

Banyaknya proyek APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) yang dibangun di Sumenep, namun tidak difungsikan menjadi perhatian anggota komisi II DPRD setempat, Bambang Prayogi. Sebab, keberadaan proyek miliaran itu tidak memberikan manfaat bagi masyarakat, bahkan terkesan mubazir. Padahal, bangunan proyek tersebut sudah lama dibangun di Kabupaten ujung timur pulau Madura ini namun tak juga dimanfaatkan, baik oleh pemkab maupun masyarakat sebagai penerima manfaat. Misalnya, bangunan yang dibangun melalui APBN itu meliputi kluster (gudang rumput laut) di Desa/Kecamatan Batuan, Silo Beras di Kecamatan Ganding, Silo Jagung di Kecamatan Bluto. Tiga proyek tersebut dibangun pada 2009 lalu, namun tak bermanfaat. Bahkan, keberadaan bangunan sudah memprihatinkan dan banyak yang sudah mulai rapuh. Buktinya, Silo Beras di Kecamatan Ganding saat ini kondisi gedung mulai rusak akibat tidak terawat.

Kami sangat menyesalkan banyaknya bangunan lewat APBN beberapa tahun silam yang tidak berfungsi. Padahal, melihat potensi bangunan bisa dimanfaatkan, mengingat potensi.jagung, beras dan rumput laut di Sumenep sangat menggiurkan. Jadi, seharusnya bangunan itu berdampak positif. Namun, faktanya tidak dimanfaatkan, sehingga terkesan anggaran yang digunakan hanya sia-sia, tak memberikan azas manfaat, kata Bambang Prayogi. Menurutnya, dalam pembangunan proyek tersebut hingga tidak terealisasi, berarti ada yang salah. Misalnya, perencanaannya dalam proses pembangunan tidak maksimal.

Apabila perencanaanya bagus, maka bangunan itu sudah bisa dimanfaatkan. Sebab, anggaran yang digunakan tidak sedikit. Ini juga terrjadi karena keseriusan pemkab Sumenep dalam memanfaatkan bangunan tersebut. Political will masih kurang dimiliki.Seharusnya ada iktikad dan kemauan dari pemerintah dalam memanfaatkan gedung tersebut, ucap politisi PDI Perjuangan ini. Sebenarnya, saambung dia,pemanfaatan gedung tersebut sangat dibutuhkan, mengingat potensi rumput laut dan jagung di Sumenep sangat besar dibandingkan daerah lain. Sehingga, bisa menjadi tempat penampungan maupun pengolahan. Kalau ada kemauan sebenarnya gampang, apabila pemkab tak mau mengelola maka tinggal mencari pihak ketiga atau investor untuk memanfaatkannya. Dengan begitu, gedung terselamatkan, dan pemkab juga tidak dirugikan.

Sebab, pihak ketiga harus memberikan PAD (Pendapatan Asli Daerah) ke Sumenep,ujarnya dengan nada serius. Untuk itu, pihaknya mendesak pihak terkait dalam hal ini pemkab untuk memikirkan pemanfaatan gedung dimaksud. Bangunan itu sudah dibangun beberapa tahun lalu, apabila tidak dimanfaatkan maka bisa jadi akan rusak parah dan tidak bisa digunakan sama sekali. Ayo manfaatkan semaksimal mungkin agar anggaran negara tidak sia-sia,tukas politisi Senior ini.

VIDEO DOKUMENTASI

FOTO DOKUMENTASI
E-RAPERDA
AGENDA DPRD TERBARU
PENGUMUMAN TERBARU
JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang Website DPRD Kabupaten Sumenep?
Sangat Bagus
Bagus
Cukup
Kurang

HASIL POLLING