LAYANAN ASPIRASI
SAMPAIKAN ASPIRASI PADA WAKIL RAKYAT:
Surat Rakyat SMS Aspirasi Facebook
Aspirasi dari Masyarakat
1. Sekedar melaporkan bahwa jembatan penghubung dusun Berkongan-Tanunggul Montorna ambruk dan tidak di perbaiki barangkali bapak2 DPRD Sumenep turun ke lokasi silahkan saja di dusun berkongan montorna pasongsongan dekat rumah pak kadus nurhasan

2. Dana desa tahap II sampai sekarang belum bisa dicairkan karena menunggu realisasi se kabupaten sumenep minimal 50 %. Aturan ini sangat merugikan bagi desa yang telah lama menyelesaikan dana desa tahap i. Mohon para dewan ikut mengantisipasinya. Trimk

3. Anggota dewan yang terhormat,jalan dari taman bungan ke utara stopan yang menuju pamolokan, penggunaan jalan hanya di gunakan separuh jalan,hal tersebut terjadi karena jalan yang sebelah barat digunakan lahan parkir mobil,dan juga sering memarkirkan mobilnya asal-asalan, selain meanggu pengguna jalan lain, juga tidak enak dilihat untuk penataan kota.terima kasih.

Kirimkan aspirasi anda melalui SMS Center / Surat Rakyat DPRD Kabupaten Sumenep : 085942803888

MAJALAH PARLEMEN
LINK TERKAIT
PRODUK HUKUM
Tanggaplah Pada Bencana, Jalan Rusak dan Kekeringan
Diposting Oleh : Moh. Misbah - Administrator DPRD Kabupaten Sumenep

06 Desember 2017 - 08:11:08 WIB

Seringkali, kemerdekaan Republik Indoesia terjebak pada nalar formal, dan hanya ramai dengan beragam lomba. Sementara esensi dari kemerdekaan itu sendiri menjadi terlupakan. Berkenaan dengan kondisi cuaca yang kurang menentu, pemerintah diminta untuk tanggap bencana. Sebab memasuki pergantian musim, kesigapan terhadap bencana sangat diperlukan.

Pasalnya bencana alam tidak bisa ditaksir kapan akan terjadi. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep diharapkan mampu tanggap darurat, baik dalam hal peyediaan dana dan tenaga dalam rangka mengantisipasi Penanggulangan Bencana Alam seperti halnya Jembatan putus, Tanah Longsor, banjir, dll. Hal itu disampaikan Partai Kebangkitan Bangsa saat memberikan pandangan umum terhadap Raperda tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 di Graha DPRD.Sebab jika tak sigap, maka bencana akan memakan korban. Oleh karena itu, pemerintah harus sedia payung sebelum hujan, bukan sedia payung pada saat hujan,ucap Abrori, Sekretaria Fraksi PKB Selain tanggap bencana, Fraksi PKB juga meminta Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk memaksimalkan kegiatan pemeliharaan rutin terhadap jalan.

Sehingga akses Kabupaten yang kondisinya berlubang atau rusak dapat segera diperbaiki.Sementara pada sisi pendapatan, Fraksi PKB berharap agar antara besarnya APBD berimbang. Artinya, dalam rangka meningkatan Pendapatan Asli Daerah, harus mengimbangi kreatifitas penggunaan belanja.Fraksi kami senantiasa mendorong kepada Pemerintah Kabupaten Sumenep, khususnya Dinas yang berkompeten, untuk selalu menggali dan mengembangkan sumber pendapatan yang masuk dalam kategori ekstensifikasi, salah satu contohnya adalah mengembangkan destinasi wisata, misalnya Gili Labak, Lombang, Salopeng dan lain sebagainya,tuturnya Hal ini sangat bersesuaian dengan visi dan misi pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat pedesaan yang pada akhirnya secara otamatis akan membuka lapangan pekerjaan baru. Tidak hanya pada sisi pendapatan, Fraksi PKB juga memberikan perhatian terhadap petani.

Menurut partai besutan Muhaimin Iskandar itu, dalam rangka meningkatkan kualitas SDM petani dan juga hasil pertanian, sangat penting kiranya, dan mungkin sudah saatnya, Pemerintah Kabupaten Sumenep bekerja sama dengan lembagalembaga peneliti atau universitas agar nanti bisa menempatkan tenaga peneliti atau penyuluh pertanian di masing-masing desa.Sehingga pertanian kita semakin berkualitas,tegas Abrori. Pada waktu bersamaan, Fraksi PKB juga memberikan warning kepada pemerintah terkait dampak kekeringan pada musim kemarau ini. Kata Abrori, Pemerintah Kabupaten Sumenep bisa tanggap untuk menanggulanginya, baik kebutuhan air bersih maupun kebutuhan air minum, dimana saat ini ada banyak daerah terindikasi mengalami bencana kekeringan. (*)

VIDEO DOKUMENTASI

FOTO DOKUMENTASI
E-RAPERDA
AGENDA DPRD TERBARU
PENGUMUMAN TERBARU
JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang Website DPRD Kabupaten Sumenep?
Sangat Bagus
Bagus
Cukup
Kurang

HASIL POLLING