LAYANAN ASPIRASI
SAMPAIKAN ASPIRASI PADA WAKIL RAKYAT:
Surat Rakyat SMS Aspirasi Facebook
Aspirasi dari Masyarakat
1. Sekedar melaporkan bahwa jembatan penghubung dusun Berkongan-Tanunggul Montorna ambruk dan tidak di perbaiki barangkali bapak2 DPRD Sumenep turun ke lokasi silahkan saja di dusun berkongan montorna pasongsongan dekat rumah pak kadus nurhasan

2. Dana desa tahap II sampai sekarang belum bisa dicairkan karena menunggu realisasi se kabupaten sumenep minimal 50 %. Aturan ini sangat merugikan bagi desa yang telah lama menyelesaikan dana desa tahap i. Mohon para dewan ikut mengantisipasinya. Trimk

3. Anggota dewan yang terhormat,jalan dari taman bungan ke utara stopan yang menuju pamolokan, penggunaan jalan hanya di gunakan separuh jalan,hal tersebut terjadi karena jalan yang sebelah barat digunakan lahan parkir mobil,dan juga sering memarkirkan mobilnya asal-asalan, selain meanggu pengguna jalan lain, juga tidak enak dilihat untuk penataan kota.terima kasih.

Kirimkan aspirasi anda melalui SMS Center / Surat Rakyat DPRD Kabupaten Sumenep : 085942803888

MAJALAH PARLEMEN
LINK TERKAIT
PRODUK HUKUM
Maksimalkan Penebusan Rastra
Diposting Oleh : Moh. Misbah - Administrator DPRD Kabupaten Sumenep

04 Oktober 2017 - 08:35:40 WIB

Masih minimnya penebusan beras untuk keluarga sejahtera (rastra) menjadi perhatian anggota DPRD Sumenep, Moh. Subaidi. Politisi PPP ini meminta sejumlah desa untuk memaksimalkan penebusan beras bersubsidi itu dari gudang bulog. Sehingga, beras yang merupakan program pemerintah pusat itu bisa secara cepat dan utuh dinikmati oleh penerima manfaat. Apalagi,  penerima manfaat merupakan warga yang kurang mampu alias miskin, yang memang sangat membutuhkan.Kami dapat informasi jika penebusan rastra yang dilakukan pihak desa sangat minim. Hanya saja, pihaknya tidak mengetahui alasan dari minimnya penebusan itu. Padahal, beras itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat selaku penerima manfaat. Sayanganya, masih banyak masyarakat yang masuk dalam daftar penerima manfaat (DPM) masih  banyak yang belum menikmati. Tentu saja ini menjadi pertanyaan besar bagi masyarakat,kata ketua  komisi IV DPRD Sumenep ini. 

Dia mengungkapkan, seharusnya hingga bulan Mei program berbasis subsidi ini sudah bisa dinikmati masyarakat. Apalagi, sudah memasuki bulan suci Ramadhan, maka dipastikan kebutuhan akan beras semakin besar. Maka, seharusnya sudah terdistribusi secara merata.kebutuhan pokok masyarakat, termasuk beras tentu saja akan menjadi meningkat. Makanya, dengan adanya beras rastra akan memperingan pengeluaran warga miskin. Meskipun harus menebus, tapi sangat murah,ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan desa untuk segera melakukan penebusan rastra tersebut. Dengan harapan penerima manfaat bisa segera menikmati program dari kementerian sosial ini.kami desak kepala desa untuk segera melakukan penebusan beras ke gudang Bulog. Bahkan, kalau bisa terlebih dahulu menggunakan dana talangan sebab sistem penebusannya kan cash and carry, membayar lalu membawa beras jatah warga miskin ini,ungkapnya dengan nada datar.

Pihaknya juga meminta instansi terkait untuk segera melakukan sosialisasi agar memaksimalkan penebusan rastra. Termasuk, melakukan kordinasi dengan pihak kecamatan, baik camat maupun pihak kecamatan yang menangani masalah rastra. Itu agar bisa diketahui kendala rendahnya penebusan rastra tersebut.kami harap pemkab segera melakukan kordinasi dengan kecamatan, agar kecamatan juga mendesak desa untuk melakukan penebusan rastra. Sehingga, warga miskin bisa segera merasakan manfaat dari beras bersubsidi itu,tuturnya. Pihaknya berharap menjelang lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah ini semua desa yang tersebar di sejumlah kecamatan bisa melakukan penebusan rastra tersebut. Sehingga, masyarakat miskin tidak merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya.Kami berharap segera dimaksimalkan. Menjelang Idul Fitri mayoritas desa sudah melakukan penebusan,tuturnya.

Memang, sesuai data dari Bagian Perekonomian Setkab Sumenep penebusan rastran masih minim. Hingga akhir bulan Mei penebusan rastra itu baru mencapai 18 persen dari ratusan desa yang ada di Kabupaten ujung timur pulau Madur ini. (*)

VIDEO DOKUMENTASI

FOTO DOKUMENTASI
AGENDA DPRD TERBARU
PENGUMUMAN TERBARU
JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang Website DPRD Kabupaten Sumenep?
Sangat Bagus
Bagus
Cukup
Kurang

HASIL POLLING