LAYANAN ASPIRASI
SAMPAIKAN ASPIRASI PADA WAKIL RAKYAT:
Surat Rakyat SMS Aspirasi Facebook
Aspirasi dari Masyarakat
1. Sekedar melaporkan bahwa jembatan penghubung dusun Berkongan-Tanunggul Montorna ambruk dan tidak di perbaiki barangkali bapak2 DPRD Sumenep turun ke lokasi silahkan saja di dusun berkongan montorna pasongsongan dekat rumah pak kadus nurhasan

2. Dana desa tahap II sampai sekarang belum bisa dicairkan karena menunggu realisasi se kabupaten sumenep minimal 50 %. Aturan ini sangat merugikan bagi desa yang telah lama menyelesaikan dana desa tahap i. Mohon para dewan ikut mengantisipasinya. Trimk

3. Anggota dewan yang terhormat,jalan dari taman bungan ke utara stopan yang menuju pamolokan, penggunaan jalan hanya di gunakan separuh jalan,hal tersebut terjadi karena jalan yang sebelah barat digunakan lahan parkir mobil,dan juga sering memarkirkan mobilnya asal-asalan, selain meanggu pengguna jalan lain, juga tidak enak dilihat untuk penataan kota.terima kasih.

Kirimkan aspirasi anda melalui SMS Center / Surat Rakyat DPRD Kabupaten Sumenep : 085942803888

MAJALAH PARLEMEN
LINK TERKAIT
PRODUK HUKUM
Maksimalkan Program Jamkesda!
Diposting Oleh : Moh. Misbah - Administrator DPRD Kabupaten Sumenep

18 September 2017 - 08:27:43 WIB

Ketua Komisi IV DPRD Sumenep Moh. Subaidi meminta realisasi SPM (surat pernyataan miskin)  untuk kesehatan di sejumlah desa harus tepat sasaran. Yakni, penerima yang berhak adalah yang memang kurnag mampu untuk mendapatkan fasilitas kesehatan kelas III secara gratis ini. Apalagi, program ini sudah menelan anggaran cukup besar  untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat kabupaten ujung timur pulau Madura ini. Jangan biarkan program ini menjadi mubazir.

SPM yang memang sudah menjadi program andalan bupati  untuk mewujudkan kesehatan gratis kepada masyarakat harus betulbetul bisa dinikmati oleh warga yang berhak, yakni miskin. Kartu SPM ini kudu diberikan kepada warga miskin. Sebab, ketika mereka sakit tentu saja sangat membutuhkan atas program tersebut. Untuk berobat mereka dipastikan tidak memiliki biaya. Maka, SPM itu tentu saja bisa menjadi solusi kepada warga miskin yang ada di pelosok,kata Moh. Subaidi.

Dia mengungkapkan, pihaknya meminta kepala desa harus bisa  memberikan program SPM kepada warganya yang miskin untuk mendapatkan jaminan kesehatan daerah (Jamkesda). Jangan sampai keberadaan SPM hanya utuk politisasi semata.Misalnya, kepala desa hanya memberikan SPM ini kepada pendukungnya saja, sementara yang tidak mendukung  di pilkades malah di abaikan. Masyarakatlah yang dirugikan. Sejatinya, program ini menyasar kepada warga yang kurang mampu,ujarnya.

Sebab, menurut politisi PPP ini, hingga saat ini banyak warga yang belum menikmati pengobatan gratis dari Jamkesda ini. Itu lantaran  ada perlakuan tidak objektif dari pihak desa untuk mendapatkan  SPM itu. Sehingga, warga miskin (gakin) memilih tidak berobat karena tidak memiliki biaya, dan tidak mendapatkan SPM.Hasil amatan kami masih banyak warga  miskin yang belum tersentuh SPM.  Jika begitu, maka program ini dipertanyakan apa yang salah. Sebab, ada yang mampu ternyata malah mendapatkan program pengobatan gratis ini. Dan, SPM nya juga lolos,ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada kades untuk merubah pola pikir sektoral. Yakni, ketika menjadi pemimpin di masyarakat hendaknya mengabaikan faktor  kelompok, dengan asumsi semua masyarakat harus mendapatkan perlakuan yang sama. Sehingga, program pemerintah bisa masuk secara berkualitas dan tepat sasaran.ego sektoral itu harus dihilangkan oleh kepala desa. SPM untuk mendapatkan jamkesda diberikan kepada yang berhak warga miskin meskipun itu bukan pendukungnya,tuturnya. 

Politisi Senior asal Kecamatan Lenteng ini mengungkapkan, pihaknya menginginkan kepala desa ikut ambil bagian dalam mensukseskan program ini. Sebab, Jamkesda itu bagian dari solusi  program bagi warga miskin yang tidak tercover dalam JKN (Jaminan kesehatan nasional).ini program  berkesinambungan dari pusat.  Maka hendaknya didorong oleh  kades untuk mensukseskannya. Instansi terkait dalam hal ini dinas kesehatan juga berperan memberikan sosialisasi ke tingkat desa. Kami ingin program ini berjalan efektif, objektif dan tepat sasaran,tukasnya. (*)

VIDEO DOKUMENTASI

FOTO DOKUMENTASI
AGENDA DPRD TERBARU
PENGUMUMAN TERBARU
JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang Website DPRD Kabupaten Sumenep?
Sangat Bagus
Bagus
Cukup
Kurang

HASIL POLLING