LAYANAN ASPIRASI
SAMPAIKAN ASPIRASI PADA WAKIL RAKYAT:
Surat Rakyat SMS Aspirasi Facebook
Aspirasi dari Masyarakat
1. Sekedar melaporkan bahwa jembatan penghubung dusun Berkongan-Tanunggul Montorna ambruk dan tidak di perbaiki barangkali bapak2 DPRD Sumenep turun ke lokasi silahkan saja di dusun berkongan montorna pasongsongan dekat rumah pak kadus nurhasan

2. Dana desa tahap II sampai sekarang belum bisa dicairkan karena menunggu realisasi se kabupaten sumenep minimal 50 %. Aturan ini sangat merugikan bagi desa yang telah lama menyelesaikan dana desa tahap i. Mohon para dewan ikut mengantisipasinya. Trimk

3. Anggota dewan yang terhormat,jalan dari taman bungan ke utara stopan yang menuju pamolokan, penggunaan jalan hanya di gunakan separuh jalan,hal tersebut terjadi karena jalan yang sebelah barat digunakan lahan parkir mobil,dan juga sering memarkirkan mobilnya asal-asalan, selain meanggu pengguna jalan lain, juga tidak enak dilihat untuk penataan kota.terima kasih.

Kirimkan aspirasi anda melalui SMS Center / Surat Rakyat DPRD Kabupaten Sumenep : 085942803888

MAJALAH PARLEMEN
LINK TERKAIT
PRODUK HUKUM
Dewan Minta Maksimalkan PJU Jalan Raya
Diposting Oleh : Moh. Misbah - Administrator DPRD Kabupaten Sumenep

14 Agustus 2017 - 08:58:46 WIB

Di Sejumlah ruas jalan di Sumenep masih banyak yang belum dipasang PJU (penerangan jalan umum).

Sehingga, jalan umum di malam hari tampak sangat gelap, apalagi jalan yang merupakan akses menuju ke kecamatan. Sebut saja, misalnya jalan raya Daramista Lenteng, di Kecamatan Rubaru dan sejumlah jalan lain yang ada di kecamatan. Bahkan, kondisi ini sudah sering dikeluhkan oleh masyarakat dalam setiap serap aspirasi (reses) anggota DPRD Kabupaten Sumenep. Sebab, PJU dianggap sesuatu yang vital bagi masyarakat Sumekar.

Hal itu disampaikan anggotakomisi III DPRD Sumenep A.Kurdi. Menurut Kurdi masalah penerangan jalan seringkali menjadi keluhan dari masyarakat. Sebab, itu bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat, khusunya di malam hari.Masalah penerangan itu langsung dirasakan masyarakat. Maka menjadi wajar jika menjadi keluhan. Khusunya jalan raya di Daramista ke Lenteng. Dengan kondisi jalan yang cukup lebar (berhotmix), namun gelap, sangat memprihatinkan,katanya.

Menurutnya, dengan kondisi jalan yang cukup bagus, otomatis kecepatan kendaraan cukup tinggi. Sehingga, dengan jalan yang gelap maka bisa saja berpotensi kecelakaan. Terbukti, daerah yang penerangan jalan minim atau bahkan tidak ada sama sekali, sangat rawan terjadi kecelakaan.Tidak hanya jalan raya Daramista-Lenteng, melainkan sejumlah daerah yang belum ada lampu penerangan, maka punya potensi untuk terjadi kecelakaan. Ini harus diantisipasi,ujar politisi Demokrat ini.

Seharusnya, sambung politisi asal Lenteng ini, pembangunan infrastruktur jalan yang baik dimbangi dengan fasilitas lain. Salah satunya, juga dianggarkan PJU, sehingga akan terlihat jalan itu akan semakin menarik.Hemat saja, sejumlah SKPD (satuan kerja perangkat daerah) hendaknya melakukan kordinasi yang baik saat membahas anggaran. Ketika ada perbaikan jalan, maka fasilitas lain yang mengikuti harus dianggarkan juga. Sehingga, infrastruktur akan menjadi lengkap. Ini akan diapresiasi oleh masyarakat,ungkapnya.

Menurutnya, dari hasil amatan yang dilakukan pihaknya sering kali terjadi ada pengaspalan jalan hotmix, namun hingga bertahuntahun tidak diimbangi dengan PJU. Padahal, setiap rapat sering disampaikan oleh anggota dewan untuk fasilitas penerangan itu.Kami nilai memang sangat lambat penerangan itu direalisasikan, meskipun infrastruktunya sudah lama bagus. Kami tidak paham dalam proses pembahasan di Timgar (tim anggaran) eksekutif. Apakah memang penerangan itu terkesan diabaikan atau ada pertimbangan lainnya,ungkapnya.

Tidak hanya itu, setelah pekerjaan jalan selesai, marka jalan juga tidak diperhatikan oleh pemerintah. Sehingga, banyak jalan yang belum ada marka jalannya, dan ini sangat tidak menguntungkan bagi pengguna jalan.Kami minta ke depan harus diimbangi dengan fasilitas lain, baik PJU maupun marka jalan juga harus disiapkan. Ini menyangkut keselamatan pengguna jalan. Ketika itu dilakkan berarati pemerintah sudah menyelematkan masyarakat dari kecelakaan. Kami minta agar penerangan dan juga marka dilengkapi oleh pemerintah dalam hal ini dinas perhubungan (Dishub),ungkapnya. (*)

VIDEO DOKUMENTASI

FOTO DOKUMENTASI
AGENDA DPRD TERBARU
PENGUMUMAN TERBARU
JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang Website DPRD Kabupaten Sumenep?
Sangat Bagus
Bagus
Cukup
Kurang

HASIL POLLING